Saturday, March 8, 2014

Aplikasi vOICe Bantu Orang Buta 'Melihat'

Aplikasi vOICe.
TEHNOGRAFI - Sebuah terobosan teknologi yang akan membantu orang buta kini, sudah ada dalam bentuk aplikasi smartphone. Aplikasi tersebut mampu membuat orang buta 'melihat' dengan suara, yang dikeluarkan oleh aplikasi ini.

Aplikasi yang diberi nama vOICe ini, akan mengkonversi gambar yang diambil oleh ponsel menjadi suara. Di mana setiap bentuk benda dan cahaya, dibuat berdasarkan tinggi rendahnya nada.

Seperti sebuah garis terang, akan diubah menjadi nada tinggi, titik terang seperti lampu akan berbunyi 'bip, dan lainnya.

Sistem vOICe diciptakan pertama kali oleh insinyur Belanda, Peter Meijer pada tahun 1992. Sejak tahun 2007, ilmuwan  saraf dari Israel, Profesor Amedi telah melatih orang-orang buta untuk menggunakan teknologi ini.

Dan kini, seiring perkembangan smartphone, sistem ini dibuat dalam sebuah aplikasi Android, yang telah tersedia secara luas. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur lainnya, seperti pengenal warna, pengenal arah, detektor wajah, dan GPS.

"Ini seperti kelelawar dan lumba-lumba yang menggunakan suara dan echolocation untuk 'melihat' dengan menggunakan telinga," ucap Profesor Amedi dari Mail Online.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik dan membangun