Tuesday, March 18, 2014

Cek Kesehatan Mata Kini Bisa Pakai Smartphone

EyeGo. Gizmag
TEHNOGRAFI - Saat mata kita bermasalah atau sekedar melakukan pengecekan, dokter menjadi tujuan kita untuk bertanya tentang apa yang terjadi pada mata kita. Namun seiring perkembangan teknologi, alat untuk melihat mata kita lebih dalam lagi, kini diciptakan.

Peneliti menciptakan sebuah adapter, yang mampu melihat apa yang terjadi pada mata kita. Adapter tersebut akan difungsikan melalui smartphone, di mana saat ini banyak smartphone yang mampu mengambil gambar berkualitas tinggi.

Salah satu pengembang adapter ini, Robert Chang, dari Universitas Stanford percaya jika ini menjadi jalan kepada akses pelayanan kesehatan, khususnya mata.

Sehingga kita tidak perlu datang ke rumah sakit atau dokter tempat praktek, untuk mengecek kondisi mata kita. Kita cukup mengirimkan foto mata dengan resolusi tinggi kepada sebuah pelayanan nantinya.

"Smartphone saat ini tidak hanya memiliki resolusi kamera tinggi, tetapi juga kemampuan transfer data untuk mengunggah foto yang aman ke catatan medis dalam hitungan detik," kata Chang, yang kami kutip dari Daily Mail.


Sehingga biaya yang digunakan, bisa diminimalisir. Selain itu, alat ini bisa digunakan di daerah terpencil, di mana akses kepada dokter mata sangat minim bahkan tidak ada.

Adapter tersebut mempunyai ukuran yang kecil, dan diberi nama EyeGo, dan akan didistribusikan untuk tujuan penelitian saja.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik dan membangun