Monday, March 17, 2014

Ingin 'Mendengar' Warna, Seniman Ini Tanamkan Implan di Kepala

Neil Harbisson menanamkan implan di tengkoraknya.
TEHNOGRAFI - Seorang seniman buta warna, mengklaim sekarang dapat "mendengar" warna, setelah ia memiliki antena "Eyeborg," yang ditanamkan ke tengkoraknya.

Pria yang berasal dari Camden London ini, lahir dengan kelainan achromatopsia, yaitu kondisi langka yang memungkinnya hanya bisa melihat hitam dan putih.

Malalui ahli bedahnya, ia menanamkan chip di dalam tengkorak sehingga dia dapat melihat warna yang lebih rumit dengan hanya mendengarkan suara.

Sebuah konektor wifi di dalam chip, memungkinkan dia untuk mendengar gambar yang dikirim dari ponsel, bahkan tanpa melihat warna tersebut.

Eyeborg sendiri terdiri dari kamera di satu ujung, dan sebuah input audio di ujung lainnya.

Input audio yang sekarang tertanam di dalam bagian belakang tengkoraknya, memungkinkan dia untuk menerima spektrum visual yang ditangkap oleh kamera melalui getaran tulang.

Setiap warna memiliki getaran yang berbeda, yang berarti setiap lukisan, gambar atau bahkan wajah memiliki suara yang berbeda.

Input audio ini pernah dipakai di luar kepala, tetapi sekarang ia tanam di dalam tengkorak--seperti implan koklea--ia memiliki kedalaman yang lebih besar dari persepsi warna.

Wi- fi dan bluetooth dalam chip, menjadikannya orang pertama di dunia yang bisa melihat warna tanpa melihatnya.

Ia memasukkan implan dalamserangkaian operasi di Barcelona, yang dilakukannya sekitar bulan Desember, dan ia akan mendemonstrasikan untuk pertama kalinya saat ini.

"Ini bukan peluncuran produk baru dan bukan presentasi teknologi baru, ini adalah presentasi dari bagian tubuh baru yang akan memungkinkan kita untuk memperpanjang indera kita dalam cara yang tak terbayangkan," ucap Harbisson.


Sumber: Mail Online
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik dan membangun