Thursday, May 8, 2014

Ilmuwan Kembangkan Komputer Setara dengan Otak

Papan sirkuit, neurogrid.
TEHNOGRAFI - Peneliti kini tengah mengembangkan sebuah perangkat komputer, yang dirancang menyerupai otak manusia. Sirkuit untuk menjalankan komputer ini diberi nama Neurogrid, dan dapat mensimulasikan 1 juta neuron, dan miliaran koneksi sinaptik.


Mereka mengklaim, jika nantinya komputer tersebut mampu berjalan 9.000 kali lebih cepat daripada komputer saat ini.  Bahkan komputer ini mampu bekerja lebih cepat daripada otak manusia. 

Kwabena Boahen, profesor bioteknologi di Stanford membangun sistem ini meniru neuron dan sinapsis di dalam otak. Sehingga nantinya, chip di dalam komputer mampu lebih efisien dalam daya, seperti halnya otak.

Perangkat yang nantinya seukuran iPad, dapat meniru otak dalam memberikan perintah terhadap organ lainnya, dalam hal ini disimulasikan untuk membuat gerakan robot lebih halus.

Namun teknologi ini masih cukup mahal, satu buah papan sirkuit bisa mengeluarkan biaya sekitar US$40 ribu atau Rp465 juta. Namun nantinya, besarnya biaya tersebut bisa ditekan.

Nantinya, teknologi ini dapat dipakai untuk mengendalikan kaki palsu, tangan palsu, atau begian tubuh yang memerlukan bantuan dari teknologi ini.

Sumber
Share:

1 comment:

  1. Tetap saja komput er oyak itu kurang peka trhada p. Rasa nafsu dsn ego karena tak menyertakan panca I ndra

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan membangun