Saturday, May 24, 2014

Pengisian Baterai Kini Bisa dalam Waktu Satu Menit

Supercapasitor, materi super penyerap listrik.
TEHNOgrafi - Dalam sebuah perangkat teknologi, baik itu smartphone, tablet, atau laptop baterai kerap menjadi masalah. Seberapa lama pun kita mengisinya, akan tetap habis terpakai, yang terkadang dalam waktu singkat.

Dan itu terjadi hampir di semua merek dan pabrikan. Dan teknologi penyempurnaan baterai kini semakin dikembangkan, dengan mencari metarial baru yang lebih tahan lama dan bisa diisi dalam waktu singkat.

Seperti yang dilakukan peneliti di Vanderbilt yang menciptakan materi supercapasitors, yang memungkinkan beterai diisi dalam hitungan menit.

Bahan yang berbentuk seperti wafer dan berpori ini, dapat menyerap energi berupa listrik dalam waktu singkat dan menyimpannya. Materi super ini telah dilakukan uji coba, dan mampu bertahan hingga jutaan siklus pengisian, dibandingkan dengan baterai sekarang yang mampu bertahan dalam siklus ribuan pengisian.

Bahan ini juga mampu bertahan dalam tekanan yang cukup kuat sampai 44 psi, serta getaran yang menyamai dengan mesin jet. Ini bisa menjadi teknologi masa depan dalam penyimpanan energi, dan bisa diaplikasikan hingga penyimpanan energi untuk rumah.


Sumber
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik dan membangun