Saturday, July 5, 2014

MIT Ciptakan Chip Kontrasepsi untuk Mengontrol Kehamilan

Chips kontrasepsi.
TEHNOgrafi - Perkembangan populasi di sebagian negara tidak bisa dikontrol secara maksimal, hasilnya jumpah populasi meledak. Dan ini tentunya menjadi pekerjaan bagi pemerintah, agar tidak terjadi over populasi.

Cara terbaik untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan adalah dengan kontrasepsi, yang saat ini banyak digunakan masyarakat di dunia. Dan biasanya, alat tersebut berupa pil, spiral, suntikan, dan lainnya.

Tapi kini peneliti di MIT, mengembangkan sebuah chip, yang ditanam di dalam tubuh, di antaranya di bokong, lengan dan perut, untuk mengontrol kehamilanyang tidak diinginkan, dan sekaligus sebagai alat kontrasepsi.

Dalam penelitiannya, alat ini aman digunakan, dan mampu bertahan hingga 16 tahun. Dan yang lebih penting, alat ini juga bisa dimatikan dan dihidupkan sesuai keinginan pasiennya dengan menggunakan remote kontrol.

Alat yang belum diberi nama ini, menyimpan sejumlah hormon levonorgestrel di dalamnya, yang biasa digunakan dalam banyak alat kontrasepsi. Dan alat ini akan mengeluarkan hormon tersebut secara perlahan di dalam aliran darah sebanyak 30 mikrogram setiap harinya.

Untuk menanam implan ini ke dalam tubuh, diperlukan waktu sekitar 30 menit. Cukup singkat bukan, dan yang kabar gembiranya, alat ini bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama.

Peneliti berharap, alat ini akan siap di tahun 2018. Dan dapat disebarluaskan ke seluruh penjuru dunia, terutama ke negara-negara yang mempunyai angka kelahiran tinggi.

Sumber
Share:

1 comment:

  1. apa ngga nyebabpin penyakit kanker ya alat ini kalau ditanam didalam tubuh

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan membangun