Gmail Sangat Rentan dengan Kemungkinan Dibajak 92%

Gmail.
TEHNOgrafi - Seiring dengan perkembangan smartphone, maka penggunaan data pribadi juga semakin meningkat. Banyak sekali yang menggunakan smartphone sebagai penyimpanan data-data penting. Walalupun dengan melakukan hal tersebut sangat rentan sekali.

Tim peneliti telah melakukan identifikasi kelemahan dari berbagai sistem operasi (OS) yang saat ini cukup terkenal, seperti Android, Windows dan iOS untuk perangkat mobile. Di mana seseorang yang ingin mengambil data pribadi, dapat dengan mudah melakukannya.

Metode pengambilan data yang mereka lakukan terbilang sangat mudah, di mana tim peneliti mencoba melakukannya dan 92 persen akun Gmail dengan mudah dibobol dengan tehnik tertentu.

Tim yang terdiri dari Universitas seperti Universitas California, Riverside Bourns, dan Universitas Michigan mendemontrasikan bagaimana membajak di Android. Dan rata-rata mereka sukses antara 82 hingga 92 persen, terhadap enam dari tujuh aplikasi populer, seperti Gmail, aplikasi perbankan, dan lainnya. Dan yang paling sulit adalah ketika melakukannya di aplikasi dari Amazon, hanya 42 persen yang berhasil membajak.

Banyaknya aplikasi yang berjalan dan saling berbagi dalam satu smartphone, menjadikannya sebuah kelemahan bagi sistem operasi. Di mana satu aplikasi terhadap aplikasi lainnya saling mengintervensi.

Untuk meminimalkannya, jangan gunakan aplikasi dari pihak ketiga, dan selalu gunakan aplikasi dari pihak terpercaya. Walaupun itu semua tidak menjamin keamanan yang pasti. Hanya saja untuk meminimalkan kerentanan dalam sebuah smartphone, sehingga orang lain akan kesulitan untuk membajak data-data penting di smartphone.

Namun sampai saat ini, belum ada penjelasan lebih lanjut dari pihak Google.

Mail Online

No comments

Berkomentarlah yang baik dan membangun