Sunday, August 3, 2014

Teknologi Ini Ubah Apapun Jadi Panel Surya

Ilustrasi penyemprot perovskite.
TEHNOgrafi - Selama ini, untuk mengubah energi panas matahari menjadi energi listrik, membutuhkan biaya yang cukup besar. Peralatan yang digunakan, yaitu panel surya, juga membutuhkan ruang yang cukup luas untuk memanen energi matahari.

Tapi, cara konvensional ini tentu tidak akan bertahan lama, seiring dengan perkembangan teknologi yang kian pesat. Seperti penemuan yang dilakukan oleh ilmuwan di Sheffield, yang menciptakan alat sempot pengubah apapaun menjadi panel surya.

Kenapa tidak disebutkan bendanya? Karena teknologi yang berupa alat semprot ini, akan memanfaatkan elemen yang disebut Perovskite, yaitu elemen yang terbuat dari mineral calcium titanate, yang disemprotkan ke berbagai bahan untuk dijadikan panel surya. Mulai dari kain hingga atap rumah bisa dijadikan sebagai alat panel surya instan.

Elemen Provoskite ini memang baru didemontrasikan pertama kali tahun 2012, namun sudah mendapatkan banyak perhatian. Karena dapat dijadikan bahan untuk memanen energi matahari menjadi listrik, dengan murah dan mudah diaplikasikan.

Untuk membuat semua bahan menjadi panel surya, elemen Provoskite akan disemprotkan dengan alat khusus ke bahan yang akan digunakan. Kemudian akan diberikan semacam pengantar listrik, yang akan mengalirkan listrik yang telah diubah oleh panel surya ini.

Namun belum pasti, kapan bahan "ajaib" ini bisa dijual kepada publik. Tetapi ini bisa menjadi teknologi yang sangat penting di tahun-tahun mendatang, apalagi energi listrik dari bahan fosil kian merusak atmosfer Bumi dan mengurangi persediaan energi fosil.

via Mail Online
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik dan membangun