Waspada, iPhone Ternyata Bisa Memata-matai Anda

Apple iPhone.
TEHNOgrafi - Saat ini pengguna perangkat Apple seperti iPhone dan iPad sudah sangat banyak, dan di seluruh dunia produk Apple menduduki peringkat kedua setelah Android. Namun Anda perlu waspada, ternyata keduanya bisa melihat kemana saja Anda pergi.

iPhone maupun iPad bisa merekam apapun yang Anda lakukan, seperti kemana Anda pergi, apa yang Anda beli, hingga tempat favorit untuk melepas penat di akhir pekan. Perangkat Apple bisa lebih berbahaya dari drone yang bisa memata-matai.

Tersembunyi dari menu, dan ada di lapisan kelima, menu hanya sedikit yang mengetahuinya. Sehingga pengaturannya masih standar dengan yang dilakukan Apple.

Namun Apple mengklaim, jika data yang tersimpan di dalam perangkatnya aman, karena bisa diakses hanya oleh pemiliknya. Dan mereka hanya ingin meningkatkan fitur pemetaan yang dimilikinya saat ini.

Tapi bagi Profesor Noel Sharkley, salah satu ahli komputer di Inggris mengatakan jika fitur inisangat 'mengerikan'. "Setiap tempat kamu pergi, di mana kamu berbelanja, dan minum, itu semua terekam. Fitur ini sangat diimpikan oleh pengacara perceraian. Dan yang lebih mengerikannya lagi, fitur ini sangat tersembunyi. Jadi kenapa kita tidak tahu masalah ini?," ucap sang Profesor yang kami kutip dari Mail Online.

Smartphone dari Apple ini akan mengaktifkan fitur ini saat pertama kali menyalakan GPS dan fungsi peta. Dan fitur ini sudah ada di produk Apple tahun lalu, di iOS 7 dan iOS 8.

Semua alamat yang pernah kita kunjungi terekam sangat jelas di data base Apple, dan jika disalahgunakan itu bisa berbahaya.

"Apple mungkin tidak menggunakan data penggunanya untuk keuntungan iklan. Dan banyak pihak yang diam saat ini akan hal ini. Tetapi informasi ini membuat seseorang (Apple) begitu kuat, dan di lain pihak sangat berbahaya," tambah Sharkley.

3 comments

Berkomentarlah yang baik dan membangun