Awas, Cahaya Smartphone dan Laptop Bisa Sebabkan Kanker

Menggunakan laptop di malam hari. sumber
TEHNOgrafi - Hampir setiap masyarakat modern tidak bisa dilepaskan dari smartphone, tablet, hingga laptop. Keberadaannya selalu ada di samping kita, dan menemani kemanapun kita pergi. Rasanya kita akan kehilangan, jika satu hari saja tidak menggunakan gadget tersebut.

Namun sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, seperti penggunaan smartphone, yang bahkan kita masih menggunakannya di saat hendak beranjak ke tempat tidur dan beristirahat. Padahal, tubuh kita membutuhkan istirahat, termasuk menghindari cahaya dari gadget.

Jika Anda tahu bahayanya, mungkin Anda akan berpikir dua kali untuk menggunakan gadget di saat beranjak ke tempat tidur. Tetapi terlebih dahulu kita akan membahas pentingnya tidur di malam hari, dan menghindari setiap cahaya yang ada di sekitar kita, termasuk cahaya dari smartphone.

Di saat hari menjelang malam, tubuh mulai untuk melepaskan Melatonin, yang akan membantu tubuh mengantuk, dan puncak pelepasan melatonin ini sekitar jam 2 malam. Sedangkan pada siang hari, sinar matahari akan merangsang jalur saraf di retina, yang akan mempengaruhi hipotalamus, yang akan melepaskan hormon yang membuat kita terjaga.

Oleh sebab itu sangat penting untuk menjaga tubuh tetap mengeluarkan melatonin, karena fungsi melatonin adalah untuk menjaga tekanan darah, dan menjaga kadar gula dalam darah sehingga tubuh tetap sehat. Oleh sebab itu, cahaya sekecil apapun di saat tidur akan mempengaruhi pengeluaran melatonin, sehingga tubuh tidak mengantuk, dan itu bisa meningkatkan risiko serangan jantung hingga mencapai 50 persen.

Bahkan dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Badan penanggulangan kanker Eropa memperlihatkan, bagaimana cahaya dari telepon seluler dan laptop, bisa meningkatkan kanker. Setidaknya, wanita akan memiliki risiko kanker payudara hingga 17 persen, akibat terganggunya proses hormonal di dalam tubuh akibat paparan cahaya tersebut.

Tentu ini sangat disayangkan, jadi tidak ada salahnya untuk menjauhkan sejenak kegiatan memegang ponsel saat berada di tempat tidur.


sumber

1 comment

Sebenarnya tidak hanya cahaya smartphone saja yang menganggu hormon melatonin, semua cahaya buatan yang lain seperti lampu neon juga. Kanker yang terjadi bisa kanker payudara. Hal ini terjadi pada wanita yang kerja shift malam.

Balas

Berkomentarlah yang baik dan membangun