Robot Penghancur Virus Ebola dalam Lima Menit

Robot yang diberinama Litte Mou.
TEHNOgrafi - Virus Ebola kini menjadi kekhawatiran banyak negara, karena belum ada obat yang mampu membasmi virus ini. Kematian akibat Ebola juga sangat tinggi, bahkan seseorang yang telah terinfeksi virus ini diperkirakan hidupnya tidak akan lama.

Walaupun virus ini masih terkonsentrasi di daratan Afrika, khususnya Sierra Leone, namun secara perlahan mulai menyebar ke selauruh penjuru dunia. Seperti dilaporkan, di Amerika, tepatnya di rumah sakit Dallas, terdapat orang yang terinfeksi virus tersebut.

Untuk mencegah kejadian yang buruk, Amerika khususnya, mulai mempersiapkan robot yang diberinama Litte Moe, yang akan disebarkan ke sekitar 250 rumah sakit dan fasilitas kesehatan di negara tersebut.

Cara kerja robot ini sangat unik, yaitu menggunakan cahaya ultraviolet, yang 25.000 kali lebih terang dari matahari, yang bisa memusnahkan virus hanya dalam waktu lima menit saja. Sehingga penularan terhadap orang lain bisa dihindari sedini mungkin.

Untuk menciptakan cahaya ultraviolet yang sangat terang tersebut, robot ini menggunakan xenon, yang merupakan gas non beracun, sehingga virus bisa dimusnahkan seketika. Cahaya ini akan memenuhi ruangan sebesar tiga meter dalam hitungan sepersekian detik, dan memusnahkan virus apapun juga termasuk Ebola.

Ultraviolet sendiri telah digunakan sejak lama untuk membuat ruangan steril, namun robot ini membuatnya begitu mudah, karena hanya membutuhkan waktu sekitar beberapa menit saja.

Namun sayangnya, robot ini masih cukup mahal, mempunyai harga sekitar US$104.000 atau Rp1,25 miliar.


sumber

No comments

Berkomentarlah yang baik dan membangun