Thursday, November 13, 2014

Teknologi Baterai Ini 80.000 Lebih Kecil dari Rambut

Teknologi nano baterai.
TEHNOgrafi - Perkembangan teknologi semakin berkembang, dan terus menemukan celah untuk sebuah inovasi. Seperti teknologi baterai, yang saat ini memang masih dalam tahap pengembangan, setelah sekian lama tidak ada inovasi yang maju begitu pesat.

Baterai yang digunakan baik pada smartphone, tablet, atau laptop, cenderung memiliki kemampuan standar, dan biasanya akan cepat habis seiring pemakaian. Danjuga kemampuan dalam mengisi ulang begitu lama, sehingga tidak jarang membuat kita kesal.

Namun kali ini, ada inovasi nano teknologi, yang memungkinkan baterai diisi penuh hanya dalam waktu 12 menit saja. Para peneliti dari Universitas Maryland mengatakan, jika penemuan ini merupakan terobosoan mutakhir dari baterai.

Baterai ini akan menggunakan struktur yang disebut nanpores, yang akan menahan elektrolit bermuatan istrik antara elektroda nanotube di kedua ujungnya. Dalam ukuran kecil seperti prangko, baterai akan berisi jutaan sel nanopores.

"Nanopore adalah lubang kecil, 80.000 kali lebih kecil dari rambut manusia, yang dibuat dalam selembar bahan keramik. Pengisian yang cepat merupakan hal yang diutamakan," ucap Eleanor Gilette.

Namun belum pasti kapan inovasi baterai ini dapat diaplikasikan ke dalam sebuah gadget, atau mobil listrik. Tetapi teknologi ini bisa menjadi penyimpanan energi di masa depan yang sangat ramah lingkungan.


sumber
Share:

1 comment:

  1. Bagus tu, nanti kalau mengisi baterai tidakbutuh waktu sampai 3 jam lagi. Ini inovasi yang canggih. Saya tunggu di Indonesia.

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan membangun