Tuesday, January 6, 2015

Teknologi Ini yang akan Mengakhiri Password

Fitur keamanan pengenal wajah.
TEHNOgrafi - Mungkin sebagian orang akan kesal dan jengkel, jika lupa password atau kata kunci yang digunakannya untuk keamanan. Baik itu yang digunakan di aplikasi smartphone, website bahkan pengunci smartphone itu sendiri.

Kata kunci memang masih banyak digunakan untuk menjaga sebuah akun dari peretasan, namun terkadang kata kunci dianggap terlalu rumit. Sedangkan kata kunci seperti tanggal lahir, nomor telepon, hingga nomor plat kendaraan sangat mudah ditebak.

Tetapi jika menggunakan kata kunci yang panjang dan berbagai karakter, orang cenderung melupakannya. Kalau sudah begitu, maka kita akan mencoba untuk menyetel ulang. Namun kini ada teknologi alternatif yang bisa digunakan untun keamanan akun kita.

Pada smartphone ada beberapa alternatif selaian kata kunci, di antaranya pola titik, hingga sidik jari. Namun kini ada aplikasi yang menjadi terobosan baru menggunakan biometrik wajah, untuk masuk ke sebuah akun atau website, sebagai pengganti kata kunci.

Teknologi ini bisa diaplikasikan ke dalam berbagai gadget yang mempunyai kamera depan, sebagai bentuk pengenalannya, baik itu smartphone, tablet atau komputer.

Pola keamanan yang bernama True Key ini, dikuak dalam ajang Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas. Aplikasi ini akan tersedia di website True Key bulan depan, dan akan mengubah cara kita menggunaan komputer.

Untuk sementara, aplikasi ini akan melindungi website yang biasa kita kunjungi, dan akan gratis untuk 15 website yang bisa di kunci. Setelah itu Anda akan dikenai biaya sekitar Rp240 ribu setahunnya.

"Saya rasa sebuah password mempunyai banyak kelemahan. Kami ingin memperkenalkan sebuah sistem baru untuk mengidentifikasi, dan memberikan akses yang sangat mudah. Teknologi ini akan membuat Anda tetap aman," ucap Mark Hokking, vice President Keamanan Intel.

Anda tertarik untuk mencobanya, mungkin bisa di uji coba untuk membuktikannya. Tapi tunggu sampai bulan depan ya.


sumber
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik dan membangun