Thursday, February 26, 2015

Fantastis, Smartphone Bisa Mengunduh 100 Film dalam Tiga Detik

Smartphone.
TEHNOgrafi - Smartphone kini bukan barang yang sulit dicari. Hampir semua kalangan menggunakannya, baik pelajar hingga kakek nenek. Kemudahan navigasi smartphone juga menjadikan gadget ini banyak digunakan.

Saat ini untuk mengunduh film, musik, atau video lainnya memang membutuhkan waktu yang tidak sedikit, apalagi menggunakan smartphone. Terlebih di Indonesia, yang masih sulit menstabilkan sinyal yang pakai pengguna smartphone.

Jika koneksi 4G kini mulai ramai digunakan beberapa operator, dengan keunggulannya yang dapat mentransfer data super cepat. Tampaknya teknologi 4G tersebut tidak akan ada apa-apanya, jika dibandingkan tes terbaru yang dilakukan oleh peneliti.

Pasalnya, peneliti di Universitas Surrey melakukan terobosan baru, mereka baru saja mengetes kecepatan transfer data yang super cepat. Bahkan 65.000 kali lebih cepat dari teknologi 4G.

Teknologi yangnantinya disebut sebagai 5G ini, akan tersedia di tahun 2020, dan akan diterapkan di smartphone. Dalam tesnya, mereka mengirim data satu terrabyte hanya dalam waktu satu detik, ini sebanding dengan 100 film dalam tiga detik, dengan kualitas HD.

"Kami telah mengembangkan 10 terobosan teknologi, yang salah satunya dapat melebihi 1 Tbps nirkabel. Ini adalah kapasitas yang sama seperti di fibreoptics tapi kami melakukannya secara nirkabel," ucap direktur 5GIC Profesor Rahim Tafazolli.

Tes 5G sebelumnya, yang dilakukan oleh Samsung, mencapai kecepatan unduhan sekitar 7,5 gigabit per detik yang jauh lebih lambat dari tes terbaru ini.

Regulator telepon Inggris, Ofcom, ingin perusahaan mobile untuk membawa 5G kepada masyarakat. Bulan lalu, mereka meminta pakar industri untuk membantu mewujudkannya.

Ofcom mengatakan, diharapkan 5G mobile untuk mampu memberikan kecepatan antara 10 dan 50 Gbps, dibandingkan dengan 4G kecepatan unduhan rata-rata 15 Megabits per detik (Mbps).

Tapi apakah teknologi ini dapat terwujud dalam waktu yang lebih cepat? Kita tunggu saja.

sumber
Share:

1 comment:

  1. disini 3G aja 200 kb/ps

    http://fitrarahim.blogspot.com/2015/02/penyebab-batu-cincin-cepat-ngetren.html

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan membangun