Thursday, April 2, 2015

Baterai Smartphone Bakal Tahan Hingga 10 Tahun

Ilustrasi baterai.
TEHNOgrafi - Daya tahan baterai secara konsisten terdaftar sebagai kelemahan utama dari smartphone, smartwatches dan produk wearable lainnya. Sehingga tidak jarang mereka yang membeli sebuah gadget, mempertimbangkan kapasitas baterai.

Apalagi saat ini, teknologi efisiensi penggunaan baterai belum maksimal. Sehingga banyak yang kehabisan baterai saat digunakan. Demikian pun dengen teknologi baterai, yang belum banyak berubah beberapa tahun ini.

Selain kapasitasnya, usia pakai baterai juga relatif singkat. Jika digunakan secara baik, baterai bisa bertahan selama tiga tahun. Tapi masalah ini bisa segera diselesaikan, berkat teknologi yang menjanjikan untuk memperpanjang masa pakai baterai selama satu dekade.

Atmel telah merilis mikrokontroler terbaru (MCUs) untuk berbagai gadget, yang sangat rendah dalam penggunaan daya. Bahkan teknologi ini, dapat 'memanen' energi dari tubuh seseorang.

Kekuatan ultra-rendah SAM L mikrokontroler adalah pada bagian di MCU berbasis ARM 32-bit Atmel. Ini semua didukung oleh prosesor 32-bit Cortex M0 pembuat chip ARM.

Sejumlah perangkat Apple, termasuk iPhone 5S dan iPad Air telah didukung oleh chip berbasis teknologi ARM.

Atmel mengatakan MCUs akan memperpanjang usia baterai dari tahun menjadi dekade.

Teknologi ini akan menggunakan sepertiga dari kekuatan chip, dan uji coba menunjukkan kekuatan mikroprosesor yang pernah dibuat ini.

Dengan 'berbagi' energi secara efektif, seluruh perangkat hanya menggunakan lebih sedikit daya, dan kemudian kinerja baterai tidak terlalu berat.

Model Atmel saat ini dirancang untuk perangkat rumah tangga pintar dan gadget lain, yang menggunakan daya relatif rendah, namun teknologi ini pertama kali akan diterapkan pada smartphone dan tablet.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik dan membangun