Tips Mengingat Password yang Rumit

Mengingat password rumit. Foto
TEHNOgrafi - Kita biasanya tidak pandai dalam membuat sebuah password atau kata kunci, yang biasa dipakai untuk akun-akun baik itu di jejaring sosial, pengunci smartphone, atau untuk keperluan lainnya.

Membuat kata kunci yang rumit, membuat kita sering lupa dalam mengingatnya. Oleh sebab itu, banyak yang menggunakan baik tanggal lahir, nomor-nomor tertentu, atau juga tanggal-tanggal yang memang spesial bagi kita. Tentunya hal tersebut sangat berbahaya, terutama jika akun tersebut sangat penting.

Bahkan, satu dari 20 orang masih memilih untuk kata 'password,' karena ketakutan akan lupa untuk membuat kata kunci yang lebih rumit. Namun kini Anda tidak perlu takut lagi untuk membuat kata kunci rumit, bagaimana caranya?

Microsoft Research Stuart Schechter dan Princeton University Joseph Bonneau, ingin melihat bagaimana mudahnya bagi orang untuk mengingat kata kunci acak yang sangat kuat, dengan 56-bit.

Mereka menggunakan teknik sederhana yang dikenal sebagai 'pengulangan spasi,' yang menggunakan interval waktu untuk merevisi materi yang dipelajari sebelumnya.

Para peneliti merekrut peserta dari crowdsourcing Amazon Mechanical Turk, untuk mengikuti serangkaian tes palsu dari perhatian.

Tapi tanpa pengguna mengetahui sedang melakukan tes. Program ini akan meminta pengguna untuk mengetik dalam serangkaian kata-kata atau huruf, setiap kali layar login muncul.

Dan setiap kali layar muncul, butuh waktu yang semakin lama untuk mengurutkan karakter. Hal ini menyebabkan pengguna untuk mulai memasukkan penguasaan kata acak dalam memorinya.

Selama 10 hari, huruf dan kata-kata akan bertambah lagi, sampai pengguna harus mengetik 12 huruf acak atau enam kata-kata acak untuk memulai tes.

Luar biasanya, subyek tes berhasil mengetik password atau kata sandi tanpa disuruh setelah rata-rata 36 kali mencoba, dengan tingkat keberhasilan 94 persen.

Setelah tiga hari, 88 persen masih ingat huruf atau kata acak.

"Ada dimensi besar dalam memori manusia yang belum dieksplorasi yang berkaitan dengan password," Joseph Bonneau, salah satu dari dua peneliti yang menciptakan penelitian, mengatakan pada saat itu.

"Memori manusia akan mengejutkan Anda. Tapi mengingat panjang dan rumitnya password mungkin tidak cukup untuk mencegah hacker dari mencuri informasi Anda," tambahnya.

Sebuah studi awal tahun ini menemukan password seperti 'mnbvcxz', 'qaz2wsx' dan 'adgjmptw' dapat dibobol dalam hitungan detik. Analisis ini dibuat oleh perusahaan hosting WP Engine dengan 10 juta password yang baru saja dirilis, oleh konsultan keamanan Mark Burnett.

Pada 2013, sebuah tim hacker berhasil memecahkan lebih dari 14.800 password yang diduga acak--dari daftar 16.449--sebagai bagian dari eksperimen hacker untuk situs teknologi.

Tingkat keberhasilan untuk setiap hacker berkisar antara 62 persen sampai 90 persen, dan hacker yang berhasil meretas 90 persen dari password melakukannya dalam waktu kurang dari satu jam, menggunakan cluster komputer.

Para hacker juga berhasil memecahkan sandi 16 karakter termasuk 'qeadzcwrsfxv1331'.

1 comment

Tipsnya ...jangan lupa password.....he he he

Balas

Berkomentarlah yang baik dan membangun