Monday, September 14, 2015

Smartwatch Rentan Jadi Jalan Hacker untuk Membajak

Smartwatch. Foto
TEHNOgrafi - Perangkat wearable kini mudah sekali ditemukan, salah satunya jam tangan pintar atau smartwatch. Kini banyak sekali produsen yang memproduksi jam tangan pintar ini, meskipun penjualannya di pasar kurang menggairahkan.

Banyak sekali kelemahan yang ada pada jam tangan pintar ini, terutama jika Anda menggunakannya bersamaan dengan perangkat lain. Bahkan kini peneliti memperingatkan, jika jam tangan pintar bisa menjadi jalan masuk bagi hacker.

Apalagi jika Anda menggunakan keyboard laptop sambil mengenakan smartwatch. Mengapa bisa demikian? Berikut pejelasannya.

Sensor gerak pada jam tangan pintar ini, bisa membocorkan informasi tentang apa yang Anda ketik. Peneliti termasuk salah satu dari India-asal, telah memperingatkan hal ini kepada Anda yang mengenakan jam tangan pintar.

Pengguna smartwatch rentan terhadap hacker, kata peneliti yang menggunakan aplikasi bawaan pada jam tangan pintar Samsung Gear Live dengan menebak apa yang pengguna ketik, melalui "kebocoran" data yang dihasilkan oleh sensor gerak pada perangkat ini.

Proyek yang disebut Motion Leaks melalui sensor smartwatch, memiliki implikasi terhadap privasi, sebagai sebuah aplikasi yang disamarkan sebagai pedometer, misalnya, bisa mengumpulkan data dari email, permintaan pencarian dan dokumen rahasia lainnya, kata para peneliti di University of Illinois di Urbana-Champaign.

"Sensor data dari perangkat dapat dipakai dengan jelas akan menjadi pedang bermata dua," kata Roy Choudhury Romit, profesor teknik listrik dan komputer di Illinois yang kami kutip dari siliconindia.

Sementara kontak perangkat terhadap tubuh manusia, akan berdampak kepada kesehatan.

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik dan membangun