Wednesday, December 2, 2015

10 Cara Atasi Smartphone Tidak Merespon Atau Hang

Aplikasi di smartphone.
TEHNOgrafi - Salah satu masalah umum yang kita hadapi dengan Smartphone saat ini, tidak lain adalah tidak merespon atau hang. Hampir setiap smartphone pernah mengalaminya, apakah itu produk Samsung, Micromax atau lainnya.

Biasanya, smartphone hang setelah penggunaan yang lama, baik untuk game, menelepon, atau membuka aplikasi lainnya. Alasan umum smartphone nge-hang adalah ketika Anda menggunakan terlalu banyak RAM.

Setiap kali ponsel 'membeku,' kita tidak bisa mengetahui secara langsung alasan yang tepat. Tapi ada 10 alasan utama dan cara menanganinya, selain Anda harus membuka baterai dengan paksa.

Bagaimana pun juga, ada beberapa produsen yang 'tidak' memperbolehkan pemiliknya membuka baterai, karena terkunci dan terpasang dengan body smartphone. Berikut ulasannya yang kami kutip dari gizbot.com:

1. Bersihkan ruang RAM
Kebanyakan smartphone hang, jika tidak ada cukup ruang pada RAM. Jadi hindari mengunduh aplikasi berat tanpa memeriksa RAM. Jika ponsel Anda berjalan pada memori RAM rendah, coba untuk menutup semua aplikasi latar belakang.

2. Tutup aplikasi latar belakang
Tutup aplikasi yang tidak diinginkan yang berjalan pada latar belakang, menggunakan Task Manager pada perangkat Android. Untuk pengguna Windows, Anda dapat menngunduh aplikasi Task Manager di Store.

3. Hindari Live Wallpaper
Jangan menyimpan animasi atau wallpaper Live, karena secara langsung mempengaruhi kinerja RAM. Cobalah untuk menjaga layar perangkat Anda dengan sederhana, atau tidak ada wallpaper.

4. Memindahkan data untuk kartu SD
Terlalu banyak menggunakan memori telepon adalah alasan utama ponsel hang. Untuk memecahkan masalah ini, pindahkan semua data ada termasuk lagu, video dan info lainnya ke kartu SD.

5. Hindari membuka banyak tab
Sementara Anda berselancar di internet, ada beberapa tab yang akan memperlambat prosesor dan mengkonsumsi banyak RAM. Jika demikian, tutup tab-tab yang tidak penting tersebut.

10 Trik Sederhana Agar Hasil Foto Smartphone Ciamik

6. Hindari menjalankan beberapa aplikasi
Jika Anda menggunakan smartphone low-end, cobalah untuk tidak menjalankan beberapa aplikasi pada waktu yang sama.

7. Pasang Anti-virus
Pasang perangkat lunak Anti-Virus terpercaya di ponsel Anda. Kadang-kadang, malware atau virus dapat memperlambat smartphone Anda.

8. Hapus cache
Umumnya, aplikasi yang kita gunakan sehari-hari membuat cache yang mengakibatkan hang. Namun, itu harus dibersihkan secara berkala.

9. Perbarui perangkat Anda
Jika Anda menghadapi masalah hang cukup sering, bisa jadi masalah bug di perangkat lunak telepon. Untuk menghindari bug ini, smartphone membutuhkan perbaruan perangkat lunak firmware, yang dapat diperiksa di bawah bagian "Tentang Phone".

10. Menghapus data yang tidak diinginkan
Bebaskan memori internal sebanyak yang Anda bisa lakukan dengan menghapus atau memindahkan file yang tidak perlu.

Semoga bermanfaat. Jika suka, klik tombol G+ atau share-nya.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik dan membangun