Tuesday, December 8, 2015

Gunakan Wi-Fi Gratisan? Ini yang Harus Anda Waspadai

TEHNOgrafi - Penggunaan Wi-Fi saat ini tidak bisa lepas dari semakin banyaknya pengguna gadget, seperti smartphone, tablet, maupun laptop. Setiap kali kita berada di suatu tempat, terutama restoran kita akan menanyakan Wi-Fi.

Bukan hanya di area pribadi saja, yang merak menggunakan Wi-Fi, di tempat umum pun kita sudah disajikan banyak sekali koneksi tanpa kabel ini. Bahkan yang gratisan pun, jumlahnya kian banyak.

Tetapi Anda perlu waspada, jika terlalu sering menggunakan koneksi gratisan ini. Jangan-jangan Anda sedang diintai oleh mereka yang menggunakan kelemahan koneksi Wi-Fi.

Lalu apa yang harus Anda perhatikan dan waspadai, jika sedang menggunakan Wi-Fi gratisan? Berikut ulasannya yang kami kutip dari Gizbot.com:

Wi-Fi Perlahan-lahan 'Membunuh' Manusia

1. Memasang Aplikasi
Pada Wi-Fi gratis, memasang perangkat lunak berpotensi mengekspos komputer atau smartphone untuk infeksi malware. Saat memasang, aplikasi dapat memuat program untuk mencuri semua data pribadi Anda. Sebaliknya, untuk amannya, hindari menginstal atau memperbarui perangkat lunak menggunakan Wi-Fi publik.

2. Menggunakan Terlalu Banyak Jaringan Umum
Karena tidak menggunakan kata sandi, Wi-Fi mudah diakses namun data Anda bisa 'dicegat'. Menghindari jaringan yang gratis adalah pilihan paling aman. Namun, jika Anda akan menggunakan, pilih salah satu saja. Dan hindari bebelanja online saat menggunakan Wi-Fi gratis.

3. Tidak Aman
Jaringan Wi-Fi gratis biasanya tidak dilengkapi keamanan yang mumpuni, terutama untuk perangkat yang mengaksesnya sehingga akan membuatnya lebih rentan untuk hacker. Jia terpaksa menggunakannya, pasang selalu aplikasi anti-virus di perangkat Anda.

4. Tidak Secepat Koneksi Data Smartphone
Biasanya, Wi-Fi yang gratis tidak menawarkan koneksi internet lebih cepat daripada jaringan 3G di ponsel Anda. Namun kelebihannya adalah, data yang bisa dipakai unlimited atau tanpa batas.

5. Hindari Penggunakan Transaksi Perbankan
Menggunakan aplikasi perbankan online di jaringan Wi-Fi gratis sangat tidak aman dan berisiko. Bank menggunakan enkripsi untuk menjaga data Anda aman, tetapi beberapa Wi-Fi publik tidak dienkripsi, sehingga tidak aman dan meningkatkan kesempatan hacker untuk mendapatkan data.

Semoga bermanfaat... Selalu klik tombol G+
Share:

2 comments:

  1. kalau di kampus saya ada wi-fi gratisnya. memang benar sih, tak secepat koneksi data smartphone

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan membangun