Saturday, September 24, 2016

3 Langkah Memperbaiki Kesalahan 'Ruang Penyimpanan Tidak Cukup'

Pesan error. Foto
TEHNOgrafi - Aplikasi smartphone semakin hari semakin 'cerdas' dan juga beragam, terutama di sistem operasi Android. Hal ini membuat kita ingin menjelajahinya satu persatu, dan juga memsangnya dari Play Store.

Namun sayangnya, tidak semua smartphone memiliki ruang yang luas di dalam penyimpanannya. Bahkan kita sering menemukan pesan kesalahan atau error: "Tidak cukup ruang pada perangkat."

Hal ini bisa membuat kita jengkel, bukan. Namun Anda jangan dulu emosi, karena ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan pesan tersebut.

Dikutip dari gizbot.com, berikut adalah tiga langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan pesan tersebut:

1. Mengosongkan memori cache

Setiap aplikasi yang paling sering digunakan, akan disimpan dalam memori sementara atau sering disebut sebagai cache. Jadi, untuk membebaskan beberapa ruang pada ponsel Anda, cobalah membersihkan memori cache semua aplikasi.

Untuk menghapus memori cache, langsung mengklik Settings> storage> penyimpanan telepon (atau bisa penyimpanan internal, ruang yang digunakan)> aplikasi. Sekarang periksa, apakah aplikasi memakai memori yang besarm jika ia hapus cache.

2. Uninstall Layanan Terbaru Google Play

Jika Anda masih menghadapi masalah ketika menginstal aplikasi, coba untuk meng-uninstall Layanan update Google Play.

Untuk melakukan hal ini, pergi ke Settings> storage> penyimpanan telepon (atau bisa penyimpanan internal, ruang yang digunakan)> aplikasi> layanan Google Play. Kemudian klik pada update Uninstall. Perlu dicatat bahwa, Anda hanya perlu meng-uninstall update, bukan aplikasi itu sendiri.

3. Memindahkan data ke kartu SD

Secara umum, semua aplikasi yang diunduh akan dipasang di memori ponsel Anda. Jadi, jika Anda kehabisan ruang pada ponsel, coba pindahkan beberapa aplikasi ke kartu SD untuk membuat beberapa ruang untuk aplikasi baru.

Untuk melakukannya, klik Settings> aplikasi, tekan pada aplikasi jika Anda berniat untuk memindahkannya ke kartu SD. Anda akan melihat pilihan Move To SD Card. Namun tidak semua aplikasi bisa dipindakan ke kartu SD, jadi pilihlah aplikasi yang benar-benar bisa dipindahkan untuk memberikan ruang bebas pada memori.

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik dan membangun