Wednesday, November 2, 2016

Facebook Ternyata Bisa Membuat Anda Panjang Umur

Facebook. Foto
TEHNOgrafi - Facebook kini menjelma menjadi media sosial raksasa, di mana penggunanya ada lebih dari satu miliar. Hampir setiap orang baik muda, tua, pria atau wanita menggunakan Facebook setiap harinya.

Kita juga akan dengan mudah terhubung dengan teman lama, saudara, bahkan rekan bisnis. Ya, Facebook akan memudahkan kita melakukan segalanya dalam hal berkomunikasi.

Banyak informasi yang bisa kita ambil di Facebook, meskipun tidak sedikit juga yang hanya mengadu domba. Namun dalam penelitian terbaru menyebutkan, jika Facebook ternyata bisa membuat kita panjang umur.

Sebuah studi yang melibatkan 12 juta pengguna Facebook menunjukkan, jika media sosial ini bisa dikaitkan dengan hidup yang lebih lama, dan itu tidak membuat perbedaan berapa banyak orang yang memberikan 'like.'

Tapi, hal ini dikarenakan fungsinya untuk menjaga dan meningkatkan hubungan sosial di dunia nyata.

Penelitian yang dipimpin oleh peneliti dari University of California San Diego, William Hobbs dan James Fowler, menyurvey pengguna Facebook dan Yale. Dan penelitian ini diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciences.

"Berinteraksi online tampaknya menjadi hal yang sehat, yang akan melengkapi interaksi offline," kata William Hobbs, yang bekerja pada studi sebagai mahasiswa doktoral UC San Diego dan sekarang postdoctoral fellow di Northeastern University.

Namun, penelitian ini hanya menegaskan kehidupan dari dunia nyata pengguna Facebook yang memiliki ikatan sosial yang kuat. Sehingga, Facebook hanya sebagai pelengkap untuk berinteraksi.

Orang-orang yang memiliki jaringan sosial kuat, biasanya akan hidup lebih lama antara 50 sampai 30 persen, dari pada mereka yang tidak.

"Hubungan antara umur panjang dan jaringan sosial juga pernah diteliti oleh Lisa Berkman pada tahun 1979 dan telah direplikasi ratusan kali sejak saat itu hingga sekarang," kata Profesor Fowler.

Catatan penting dalam penelitian ini adalah, Anda harus selalu berinteraksi di dunia nyata dengan teman-teman Anda di Facebook. Dan jangan menggantungkan kehidupan Anda di jejaring sosial, yang kini banyak menjamur.

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik dan membangun