Sunday, March 12, 2017

48 Juta Pengguna Twitter Ternyata Bukan Manusia

Tweet. Foto: seoclerk.com.
Twitter merupakan salah satu situs situs microblogging yang sangat bermanfaat, terutama untuk menyampaikan informsi dengan cepat. Namun ad kelemahan, karena Twitter membatasi karakter dalam setiap tweetnya.

Saat ini diperkirakan ada 319 juta pengguna Twitter, dan menjadi salah satu yang terbesar setelah Facebook. Namun menurut penelitian terbaru mengungkapkan, jika sekitar 15 persen penggunanya ternyata bukan manusia.

Ya, sebanyak 48 juta pengguna Twitter beserta tweetnya diyakini bukan ditulis oleh manusia. Lantas apakah mereka dan untuk apa menggunakan Twitter? Berikut penjelasan lengkapnya.

Dikutip dari Daily Mail, akun Twitter 'hantu' tersebut merupakan bot atau mesin robot, yang digunakan untuk melakukan penipuan. Tetapi, ada juga yang digunakan untuk mengirimkan informasi penting dan bermanfaat, salah satunya sebagai peringatan bencana.

Penyelidikan akun Twitter dilakukan oleh University of Southern California, yang menggunakan 1.150 fitur dari enam kelas untuk melacak akun yang dijalankan oleh bot.

Akun ini mencakup data seperti konten Tweet dan sentimen, pola jaringan dan aktivitas time series yang dilakukan.

"Data ini diperkaya dengan koleksi yang menjelaskan secara manual dari pengguna Twitter aktif, baik manusia dan bot dari berbagai sudut kecanggihan," ucap salah satu peneliti dikutip dari dailymail.co.uk.

Tim peneliti juga mencatat bahwa, beberapa program komputer memiliki kemampuan untuk 'meniru perilaku manusia untuk memproduksi dukungan politik akar rumput palsu, mempromosikan propaganda teroris dan perekrutan, memanipulasi pasar saham dan menyebarkan rumor dan teori konspirasi.'

Jadi, jangan sampai Anda terpedaya oleh tweet yang mempropaganda. Siapa tahu jika itu dilakukan oleh bot.

Share:

2 comments:

Berkomentarlah yang baik dan membangun