Jangan Ubah Kata Sandi, Jika Ingin Akun Kamu Aman

Password. Foto: dailymail.co.uk
Kata sandi atau password bukan hal yang asing lagi bagi kita, terutama orang-orang yang setiap harinya memegang smartphone. Hampir semua yang kita lakukan dengan smartphone, akan dilindungi oleh kata sandi.

Bahkan, semua akun sosial media hingga email pun dilindungi oleh kata sandi. Namun pasti kita tidak asing, jika akun sosial media akan menghimbau kita untuk mengubah kata sandi secara teratur, dengan yang lebih rumit.

Tapi, kebiasaan tersebut justru salah dan berbahaya bagi keamanan akun Anda. Mengapa bisa demikian? Berikut ulasan lebih lengkapnya.

Ternyta, kata sandi komputer tidak boleh diubah secara teratur karena membuat penggunanya kurang aman, kata seorang kepala cyber..

Paul Edmonds, kepala teknologi di Unit Kejahatan Cyber Nasional mengatakan bahwa, ini adalah 'kekeliruan' yang disebarkan oleh industri keamanan bahwa mereka harus sering mengganti kata sandi.

Kehandalan password reguler adalah persyaratan umum dalam banyak kebijakan keamanan. Tapi bagi Edmond, mitos seputar password adalah salah satu 'bug besar' dalam dunia online.

Berbicara di sebuah konferensi keamanan dan kontra-teror di London, dia mengatakan bahwa hal itu benar-benar membuat pengguna 'kurang' aman jika mereka terus mennerus mengubah kata sandinya.

Dikutip dari dailymail.co.uk, dia mengatakan: "Anda tidak ingin mengganti kata sandi Anda setiap bulannya. Sebenarnya kurang aman jika Anda melakukannya. Ini adalah kekeliruan yang telah dihadapi oleh industri keamanan."

Contoh dari hal ini adalah Paypal, yang tidak pernah meminta pelanggannya mengubah kata sandinya. PayPal selama bertahun-tahun tidak pernah penggunanya untuk mengubah kata sandi Anda. Jika dilakukan, PayPal akan kehilangan banyak uang.

Para ahli percaya bahwa, dengan mengubah kata sandi secara teratur akan menghasilkan kata sandi yang lebih lemah. Mereka juga akan mengubahnya dengan cara yang dapat diprediksi dan dapat ditebak oleh orang lain.

Jadi, mulai saat ini jangan mengganti kata sandi setiap bulan ya, apalagi jika Anda mudah lupa.

No comments

Berkomentarlah yang baik dan membangun