Apa itu Teknologi Web? - Definisi & Tren

Anda tidak perlu menjadi jenius untuk memahami teknologi web, ini hanya masalah pemahaman beberapa konsep dasar

MEMAHAMI TEKNOLOGI WEB

Ilustrasi Tenologi Web dan penggunaannya.
Banyak bisnis dipaksa merekrut perancang web dan pemrogram tanpa benar-benar mengetahui apa yang mereka inginkan. Mereka mungkin tahu bahwa mereka membutuhkan seseorang untuk mengkonfigurasi server mereka, namun mereka mungkin tidak tahu apa yang dilakukan server atau konfigurasi apa yang sebenarnya diperlukan.

Untuk memastikan Anda mendapatkan stafber tepat kali, Anda harus memiliki setidaknya pemahaman dasar tentang subjek. Solusi ini akan mencoba memberi Anda pemahaman dasar tentang berbagai aspek bahasa penerbitan web seperti HTML, ASP, JavaScript, CGI dan konfigurasi server.

Untuk melihat Internet kebanyakan orang menggunakan browser, jendela browser Anda mungkin di mana Anda melihat halaman ini. Ada banyak browser yang berbeda: dua yang paling populer adalah Netscape Navigator dan Microsoft Internet Explorer. Web browser bekerja dengan menghubungkan melalui Internet melalui modem atau ISDN melalui server atau ISP ke mesin remote, meminta dokumen tertentu (atau halaman) dan kemudian memformat dokumen yang mereka terima untuk dilihat di komputer.

Untuk melakukan ini, web browser menggunakan bahasa khusus yang disebut HTTP (HyperText Transfer Protocol). Mesin remote yang berisi dokumen menjalankan server HTTP. Saat server HTTP menerima permintaan halaman, ia mengirimnya kembali ke komputer lokal untuk dilihat melalui browser.

Setiap dokumen di Web memiliki URL tertentu (Uniform Resource Locator). Ini memberitahu browser server mana yang akan digunakan untuk mendapatkan dokumen tersebut. Sintaks URLnya mudah dimengerti. HTTP menandakan bahwa bahasa yang akan digunakan adalah HyperText Transfer Protocol. Nama host adalah nama server. Sebagai contoh, http://www.itnetwork.com akan mencari server IT Network. Path adalah dokumen yang diminta dari server. Ini tidak sama dengan path sistem file; server mendefinisikan akarnya.

Dengan mengirimkan informasi pribadi Anda, Anda setuju bahwa TechTarget dan mitranya dapat menghubungi Anda terkait konten, produk, dan penawaran khusus yang relevan.

Anda juga setuju bahwa informasi pribadi Anda dapat ditransfer dan diproses di Amerika Serikat, dan Anda telah membaca dan menyetujui Persyaratan Penggunaan dan Kebijakan Privasi.

Sintaks yang lebih kompleks adalah Protocol: // host / path / extra path-info? Query-info. Protokol menjadi protokol yang terhubung ke situs. Jadi untuk situs FTP, protokolnya adalah ftp, untuk situs web, protokolnya adalah HTTP. Bagian akhir dari URL mengacu pada informasi opsional yang digunakan oleh program Common Gateway Interface (CGI).


Teknologi Web dalam Kehidupan Sehari-hari

Dokumen web dapat mengambil bentuk apapun, bagaimanapun, standar universal adalah HTML. HTML adalah bahasa berbasis tag yang mengkodekan dokumen yang membentuk World Wide Web. HTML dapat digunakan untuk membuat teks berformat yang akan mempertahankan formatnya setelah direproduksi oleh browser komputer. HTTP juga bisa mencakup gambar, animasi suara dan klip video. HTTP menyatukan semua elemen halaman yang relevan dan menjelaskan bagaimana hal itu harus diwakili pada browser Anda. Ini juga dapat terhubung ke halaman atau situs lain (disebut hyperlink) di Web.

HTML 4.0 adalah versi HTML terbaru dan diterima secara luas dan mencakup apa yang disebut Cascading Style Sheets (CSS). CSS memungkinkan pengembang web untuk menentukan banyak karakteristik gaya berulang (misalnya font, warna, dan jarak) dengan bagian kode HTML tertentu (disebut tag). Ini memungkinkan tampilan yang cepat namun konsisten di seluruh situs. Sebuah organisasi bernama World Wide Web Consortium (W3C) mengembangkan standar HTML untuk memastikan bahwa mereka seragam di seluruh dunia.

Tampilan Sederhana Teknologi Web

HTML terdiri dari teks, yang merupakan konten dari setiap halaman web, dan tag, yang menentukan tampilan dan tata letak halaman itu. HTML hanya teks dengan tag <html> di awal dan akhir dokumen:

<html>

<head>

<title> Dokumen HTML Dasar </ title>

</ head>

<p>

Ini adalah dokumen HTML dasar <i> <i> </ i>:

</ p>

</ body>

</ html>

Setiap dokumen terdiri dari tag kepala (ditandai oleh <head>) dan body (<body>). Anda menggunakan tag <head> untuk memberi judul dokumen dan untuk menunjukkan parameter gaya lain yang harus digunakan browser saat menampilkan halaman.

Isi halaman ditempatkan di dalam tag <body>, termasuk penanda kontrol dokumen yang menyarankan browser bagaimana menampilkan teksnya. Grafis, efek animasi suara dan hyperlink juga bisa ditempatkan di dalam tag. Struktur tag HTML yang sederhana membuatnya mudah dimengerti dan digunakan. Setiap elemen terdiri dari nama tag, yang mungkin atau mungkin tidak diikuti oleh daftar atribut, semuanya ditempatkan di antara tanda kurung terbuka dan tertutup (<>). Yang paling sederhana adalah <head>, <body> dan <i>.

Terkait dengan HTML, adalah XML (Extensible Mark-up Language.) XML adalah bahasa meta yang memungkinkan Anda mengembangkan tag dokumen Anda sendiri.

Tren Teknologi Web


Karena meningkatnya permintaan akan hiburan oleh komunitas web, beberapa bahasa bermunculan yang memungkinkan pengguna membawa animasi dan dinamisme ke halaman mereka. Ini termasuk CGI, JavaScript dan PHP. Yang pertama, CGI, digunakan untuk membuat aplikasi berbasis pengguna. CGI memungkinkan server web berkomunikasi dengan program lain yang sudah berjalan di server. Hal ini memungkinkan halaman web dibuat 'on the fly' berdasarkan data yang diberikan oleh pengguna. Ini berarti Anda bisa membuat mesin pencari dan survei dimana, sesuai data yang diinput oleh pengguna, hasil akhirnya harus diciptakan sendiri.

JavaScript adalah bahasa scripting berbasis objek. Hal ini tertanam dalam versi terbaru dari browser populer dan memungkinkan executable dijalankan dari browser. Ini berarti bahwa daripada menunggu halaman animasi untuk diunduh dari server, animasi dapat berjalan dari browser Anda, menciptakan konten HTML dinamis. JavaScript bekerja dengan browser Anda untuk mendeteksi dan bereaksi terhadap instruksi yang terjadi saat dokumen dimuat, ditampilkan dan digunakan. Ini ditandai dalam HTML sebagai tag <script>.

Tidak seperti JavaScript, yang merupakan bahasa sisi klien, PHP adalah bahasa scripting lintas platform server. Ini adalah cara untuk memasukkan instruksi ke file HTML Anda untuk membuat konten dinamis. Server web Anda kemudian mengikuti petunjuk ini. Ini terjadi sebelum halaman muncul di browser Anda. Server web mengirimkan kode PHP dengan konten yang kodenya ditulis untuk diproduksi.

Program lain yang digunakan untuk membuat halaman web termasuk Macromedia's Flash dan berbagai paket yang semuanya menciptakan kode HTML untuk menyelamatkan pengguna yang harus melakukannya. Flash adalah suite animasi yang memungkinkan pengguna memutar animasi melalui browser mereka. Ini menciptakan efek multimedia bandwidth rendah dengan grafis vektor dan bitmap, gerak, input audio dan form MP3.

Ada juga banyak program pengeditan halaman WYSIWYG (yang Anda lihat adalah apa yang Anda dapatkan ') yang memungkinkan orang-orang yang tidak memiliki keahlian pemrograman untuk membuat halaman web dengan menyeret dan menjatuhkan elemen (seperti kotak teks, gambar dan kacang Jawa ) ke halaman. Program editing halaman WYSIWYG kemudian membuat kode HTML dan mengekspornya sebagai halaman melalui setting penerbitan.

Aplikasi Teknologi Web

Paket perangkat lunak yang paling umum digunakan adalah Microsoft Front Page, namun ada beragam paket perangkat lunak lain yang menjalankan peran yang sama. Keuntungan menggunakan editor halaman WYSIWYG adalah bahwa hampir semua orang dapat berkontribusi untuk menciptakan situs perusahaan. Ini berarti bahwa bisnis dapat melibatkan lebih banyak staf dan, yang lebih penting, pengguna dapat memperbarui situs lebih sering.

Di antara PC yang mengakses Internet (umumnya disebut sebagai "klien") dan server, adalah jaringannya. Jaringan menggunakan Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protocol (IP) untuk mentransmisikan data dan menemukan server dan klien yang relevan. Klien dan server juga menggunakan HTTP.

TCP dan IP keduanya merupakan protokol. Protokol adalah seperangkat aturan yang mengatur dua atau lebih komputer berkomunikasi satu sama lain. Protokol memiliki eksistensi duel. Pertama, mereka adalah bentuk teks bagi pemrogram untuk memahami dan dapat digunakan untuk mengembangkan komunikasi antar komputer. Kedua, mereka ada sebagai kode yang hanya dimengerti oleh komputer. Kedua bentuk memiliki tujuan akhir untuk menentukan interpretasi yang tepat dari setiap bagian dari setiap pesan yang dipertukarkan di Web atau jaringan.

Kami menggunakan protokol setiap kali kita perlu berkomunikasi dengan komputer lain. Jika Anda menggunakan printer jaringan, Anda akan menggunakan protokol untuk mencetak dokumen ini. Jika Anda menyimpan pekerjaan pada drive jaringan, Anda menggunakan protokol.

TCP adalah protokol transport yang berorientasi koneksi yang mengirimkan data sebagai aliran byte yang tidak terstruktur. Dengan menggunakan nomor urut dan pesan acknowledgment, TCP dapat memberikan node pengiriman dengan informasi pengiriman tentang paket yang dikirim ke node tujuan. Bila terjadi kehilangan data saat transit, TCP dapat mengirimkan kembali data sampai berhasil dikirim atau waktu operasi habis. TCP juga bisa membedakan beberapa pesan yang identik dan membuangnya. TCP dapat memantau aliran data dari komputer pengirim dan memperlambatnya, jika diperlukan, untuk menghindari hilangnya data.

Teknologi Web dalam Dunia Maya


IP (Internet Protocol) menggambarkan bagaimana server mengenali satu sama lain. IP mentransmisikan apa yang disebut datagram melalui jaringan dan melaporkan kesalahan dalam transmisi. IP bertanggung jawab untuk memecah dan merakit kembali data dengan ukuran unit data maksimum yang berbeda dengan menggunakan alamat IP, bilangan unik 32-bit unik yang mengidentifikasi server tertentu. Alamat ini ditugaskan oleh Pusat Informasi Jaringan. Keunikan mereka memastikan bahwa setiap Jaringan IP dapat berkomunikasi dengan yang lain, hanya dengan mengetahui alamat IP-nya.

Alamat IP dibagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama menunjuk alamat jaringan, bagian kedua menunjuk alamat subnet dan bagian ketiga menunjuk alamat host. Alamat IP ditulis dalam format desimal bertitik, mis. 36.0.2.1. Saat memuatkan halaman web ke browser, itu adalah alamat IP yang muncul di sudut kiri bawah layar, meskipun ada sebuah URL, yang terbuat dari huruf, dimasukkan.

Informasi untuk membuat halaman web, apakah itu HTML sederhana atau skrip CGI yang lebih rumit, JavaScript atau PHP, semuanya ada di server web. Ada beberapa jenis web server yang berbeda. Mayoritas server web berbasis Unix menggunakan perangkat lunak Apache. Apache dikembangkan untuk memberikan kompatibilitas optimal dengan klien yang berbeda. Saat Anda mengkonfigurasi server web Anda, Anda melakukannya untuk memberikan kinerja web maksimal. Ini termasuk mengoptimalkan tingkat permintaan halaman yang dapat ditangani tanpa mengembalikan kode kesalahan. Server terbaru sepuluh kali lebih cepat dari pendahulunya.

Teknologi web atau internet adalah bisnis yang rumit, namun dengan memahami konsep dasar, bisnis harus dapat bekerja sama dengan staf mereka untuk menciptakan proyek web yang bagus. Memahami apa itu server web, bagaimana halaman web diproduksi dan bagaimana komunikasi komputer dapat membantu perusahaan memvisualisasikan tantangan mereka dan bekerja secara produktif untuk menyelesaikan teknologi web.

Rachel Hodgkins


Sumber: computerweekly.com

No comments

Berkomentarlah yang baik dan membangun