Ikan Tanpa Wajah dari Laut Dalam Ini Bingungkan Ilmuwan

Baca Juga

Ikan tanpa wajah. Foto: dailymail.co.uk
Laut masih menyajikan misteri yang banyak dan belum terungkap seluruhnya. Terutama hewan-hewan yang ada di dalam laut yang paling dalam, meskipun sedikit-sedikit mulai terkuak lewat teknologi yang diperbarui.

Masih banyak ikan-ikan yang hidup dalam tekanan sangat tinggi, dan menunggu untuk ditemukan. Tapi saat mereka berhasil diangkat ke daratan, hal tersebut bisa membuat banyak ilmuwan bingung dengan penemuannya.

Salah satunya adalah seekor ikan tanpa wajah ini, telah ditemukan selama eksplorasi pertama di dunia tentang jurang laut terdalam oleh ilmuwan Australia. Lantas ikan jenis apakah ini? Dan bagaimana mereka hidup?

Dikutip dari dailymail.co.uk, para ilmuwan yang berada di kapal Investigator CSIRO sedang mencari cadangan di laut, yang berada di Tasmania utara hingga ke Queensland tengah.

Tim penarik jaring kecil dengan kamera bawah laut jauh di dalam jurang timur, berhasil mencapai kedalaman hingga empat kilometer. Temuan mengagumkan hingga aneh pun mereka tangkap.

"Di kamera video kami melihat semacam chimaera yang lewat di perairan Australia. Kami telah melihat ikan dengan piring fotosensitif yang duduk di atas kepalanya, ikan tripod yang duduk di sirip mereka dan menghadap ke arus," kata juru bicara ilmuwan.

Pada kedalaman 4.000 meter dari Jervis Bay, kru mengatakan bahwa mereka menemukan 'ikan tak berwajah' yang tidak biasa. Tapi ikan ini memiliki lubang hidung dan mulut.

Para periset percaya, jika makhluk itu memiliki mata balik kulitnya tapi tidak terlihat.

Penelitian akan laut paling dalam di dunia ini masih terus berlangsung.