4 Ponsel Nokia Android Terbaru dan Spesifikasinya

Baca Juga

Ponsel Nokia Terbaru

Di akhir tahun 90-an dan di awal 2000-an, nama Nokia selalu hadir. Ya, Nokia menjadi salah satu pelopor hadirnya ponsel atau telepon seluler di Indonesia.
Ponsel Nokia Terbaru. Foto: Liputan6
Namun di tahun 2005-an beberapa penantang mulai unjuk gigi, salah satunya Blackberry. Namun Blackberry masih belum mampu untuk menaklukkan Nokia, di salah satu ponsel terlaris.

Namun kehadiran ponsel Android dan iPhone, ternyata mulai menggerus pasar Nokia di hampir seluruh penjuru dunia. Sempat merek-nya dijual ke Microsoft, Nokia mulai peruntungannya di kancah ponsel cerdas, dengan mengeluarkan Windows Phone.

Tapi Windows Phone Nokia ternyata tidak mampu merebut kembali kejayaannya. Hingga akhirnya di penghabisan sewa merek, Nokia masih terpuruk. Tapi di akhir 2017 ini, nama Nokia muncul kembali. Dan kini mereka mengusung sistem operasi Android, yang merajadi pangsa pasar dunia.

Melalui perusahaan HMD Global Oy (HMD) Nokia mengeluarkan 4 varian ponsel Android, dengan tipe Nokia 3, 5, 6, dan 7. Harganya bervariasi, mulai dari Rp2 juta hingga Rp4 jutaan.

1. Nokia 3

Nokia 3. Foto: Liputan6.
Spek terendah ada di Nokia 3, namun tetap berbekal layar 5 inci, RAM 2GB, dan memori internal 16GB. Untuk kinerjanya, ponsel ini didukung oleh prosesor quad-core MediaTek 6737.

Kemampuan fotografi ponsel ini juga cukup mumpuni, dengan ditopang oleh kamera utama dan depan dengan resolusi yang sama, sebesar 8MP. Dan soal kapasitas baterai, Nokia 3 sebesar 2.630 mAh. Ada 3 varian warna yaitu yang tersedia, yaitu Silver White, Matte Black, Tempered Blue, dan Copper White.

2. Nokia 5

Mokia 5. Foto: Liputan6.
Ponsel Nokia 5 ini memiliki bentang layar cukup lebar, yakni 5,2 inci. Sama seperti adik bungsunya, Nokia 5 berbekal RAM 2GB dengan memori internal 16GB.

Untk dapur pacu, Nokia 5 menggunakan prosesor octa-core Qualcomm Snapdragon 430. Kamera juga lebih tinggim dengan resolusi kamera utama 13MP, sementara kamera depannya 8MP. Untuk kapasitas baterai juga lebih besar, yaitu 3.000mAh. Ada empat pilihan warna yang bisa dipilih, di antaranya Tempered Blue, Silver, Matte Black, dan Copper.

3. Nokia 6

Nokia 6. Foto: Liputan6.
Di atas Nokia 5 ada Nokia 6, dengan bentang layar 5,5 inci. RAM juga cukup besar yaitu 3GB, ditambah dengan memori internal 32GB, dan dapur pacu octa-core Snapdragon 430. Ada juga versi lainnya, dengan RAM 4GB dan memori internal 64GB.

Untuk hasil foto ciamik, Nokia 6 memiliki kamera utama beresolusi 16MP dengan dual tone flash. Dan kamera depannya adalah 8MP, yang memiliki fitur autofokus dan wide-angle.



4. Nokia 8

Nokia 8. Foto: Liputan6.
Untuk versi yang lebih tinggi, ada ponsel Nokia 8, yang dibekali dapur pacu octa-core Snapdragon 835, RAM 4GB, dan memori internal lebih besar, yaitu 64GB. Jika kurang masih ada slot MicroSD. Namun layarnya lebih kecil, di bandingkan dengan model yang lebih rendah, yaitu 5,3 inci.

Nokia 8 juga sudah bisa menjalankan Android 7.1.1 Nougat. Meskipun harus melakukan sejumlah kustomisasi, pada tampilan software. Meskipun kamera yang dibenamkan hanya sebesar 13MP, tetapi sudah menggunakan lensa Zeiss dan mampu merekan video berformat 4K.

Soal kualitas, memang masih belum bisa diketahui, mengingat ponsel Nokia ber-Android baru kali ini dirilis.

Apakah Anda sudah bersiap-siap untuk mengupgrade ponsel cerdas ke Nokia?

No comments

Berkomentarlah yang baik dan membangun